Wednesday, October 19, 2011

Sharing Pengalaman Interview Frontliner BNI 2009

Well...I just remembering 2 years ago when I was applying for a job in PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Jujur, aku ga ada niatan sama sekali untuk masuk ke dunia perbankan, dunia yang ga aku minati. Aku lulus dari jurusan Sastra Inggris di sebuah universitas negeri di Surabaya pada bulan April 2008. Setelah berkelana kesana kemari mencari kerja (sempat terdampar di sebuah perusahaan furniture dan jadi marketer selama 2 minggu), akhirnya tanggal 19 Februari 2009 aku kirim surat lamaran ke BNI. Ini juga karena dipaksa bapak yang pengen salah satu anaknya kerja di bank seperti beliau. Dengan hati agak-agak dongkol karena emang beneran ga minat (sorry, Dad..), akhirnya aku kasih surat lamaran itu ke bapak yang langsung nganter tuh surat ke Gedung BNI Graha Pangeran Surabaya. Beberapa waktu kemudian pihak BNI menghubungi aku. Aku diminta datang untuk interview di Kantor Wilayah 06 (yang sekarang menjadi Kantor Wilayah Surabaya) lantai 6.

Dalam interview pertama ini, kami para "korban" (wakakaka..sadis amat sih julukannya) diminta ngisi formulir plus nempelin foto. Trus sebelum masuk ke dalam satu ruangan, tinggi badan kami diukur. BNI mensyaratkan tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria. Diminta nunggu disitu sampai nomor kami dipanggil, trus masuk ke ruangan satunya untuk diinterview. Pertanyaannya simple sih menurutku, sama kok ama yang kita tuliskan di formulir.

Second test. Setelah lolos tahap pertama, tes kedua adalah psikotes. Yeah! Disitu dari pagi sampe siang, dapat sajian berupa soal-soal yang bejibun. Dari mulai disuruh nggambar, ngitung angka, personality test gitu deh...aku sendiri asli ga paham itu tes apa aja. Aku ga pernah belajar juga. Yah, asal ngalir gitu aja.

Tes kedua lolos tanpa hambatan. Tes ketiga, diskusi kelompok. Kali ini tesnya ga diadain di gedung BNI, tapi diadainnya di daerah Juanda, tepatnya di Lab Psikologinya AL. Dari pagi sampe sore menjelang maghrib. Masya Allah...capek banget. Disitu kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Aku lupa, kalo ga salah satu kelompok berisi sekitar 12 orang. Sesi pertama adalah diskusi kelompok. Masing-masing orang dikasih waktu untuk presentasi. Temanya tergantung hoki, soalnya masing-masing tema ditulis dalam kertas yang dimasukkan ke dalam sedotan. Jadi inget arisan ibu-ibu, jiaaahh.. Trus setelah itu kami dikasih sebuah kasus yang pemecahannya harus didiskusikan bareng semua anggota kelompok. Disitu keliatan banget siapa yang ambisius, siapa yang dominan, dan siapa yang pasif. Abis sholat dhuhur, satu-persatu nama kami dipanggil. Di dalam ada seorang psikolog AL yang bawa alat perekam suara. Interview kami direkam. Pertanyaannya terkait prestasi apa yang pernah kami raih, serta kelemahan dan kelebihan kami.

Lolos lagi. Tes berikutnya adalah tes kemampuan bahasa Inggris. BNI kerjasama ama The British Institute (TBI). Mereka kasih kami TOEIC. Hahaha...alhamdulillaah, bagi alumnus Sastra Inggris, soal-soal begini sih bukan masalah (nyombong dikit :p).

Next, interview user. Sampe capek ama interview rasanya -_-
Management nih yang bagi-bagi pertanyaan gratisss.. All about BNI. Aku udah bawa kertas print-printan buat dihafalin, eh ternyata lupa bener pas disana. Untung bapak yang nginterview aku, yang ternyata adalah wakil pemimpin di tempat aku kerja nantinya, orangnya diem ga banyak tanya. Aku malah bingung harus ngapain. Senyum-senyum ga jelas, nyengir-nyengir, ngelirik kertas yang dibawa bapak itu (ngarep bisa dicontek jawabannya). And finally the interview was over. Legaa..

The last test was medical check up. Tes kesehatan ini diadain di Lab di daerah jalan Nias (aku lupa namanya). Ini juga mulai pagi sampe sore. Dari pengukuran tinggi/berat badan, tes urine, tes darah, tes mata (buta warna en minus/plus), tes gigi, de-el-el.

Semua anggota keluargaku udah yakin kalo aku diterima. Aku yang ga ngarepin apa-apa eh alhamdulillaah malah lolos dengan lancar jaya.

Afterall, bulan Juni 2009 aku menjalani training selama 3 bulan and so on and so on, hingga akhirnya 2 tahun kemudian, tepatnya tanggal 12 September 2011 aku resmi mengundurkan diri. Hidup memang terus berjalan, namun keinginan kuatku untuk meraih sesuatu yang hingga saat ini belum tercapai masih juga belum memudar. Karena itu aku memutuskan untuk "pulang kandang" dan tetap berusaha meraih mimpiku. My own dream.

195 comments:

  1. Sama ,,, besok aku juga ingin mengundurkan diri chay,,, semangat dan salam kenal yach,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Iya, salam kenal jg. Maaf baru bales.

      Delete
    2. mba mau tanya dong kalau melamar untuk bina bni harus yang udah punya pengalaman kerja atau gak sih?

      Delete
  2. lho... mengundurkan diri knp, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjemput impian yg alhamdulillah bisa diraih hampir setahun setelah resign :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, dek Tika! Dicoba aja, sayang. Rejeki kita ga pernah tau kan? Semangat! ^^

      Delete
  4. mba, saya mau nanya.. pas wawancara tahap ketiga sama pimpinan itu ditanya soal apa aja yah??

    ReplyDelete
  5. Interview user ya? Ditanya pengetahuanmu tentang BNI, dek. Seingatku, sih. Kamu hapalin prinsip 46 deh. Trus visi misi BNI n segala macem tentang BNI.
    Sukses yah! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbk mau tanyaa klau seumpama tb/bb gk memenuhi syarat apa tdk bsa ikut interview?

      Delete
  6. Mba kalo intrview pertma ctoh prtnyaannya gmna

    ReplyDelete
  7. mbak,, pengumumannya setelah tes psikotes berapa lama yaa??

    ReplyDelete
  8. memangnya ada tes keperawanan ?

    ReplyDelete
  9. Maaf baru bales..

    @Feinty Arsitha Sambo: interview awal dikasih form. Di situ kita isi background kita n motivasi masuk BNI.
    @Lalu Adhy: seingatku ini ya.. sekitar 2 hari hasilnya dah bisa dilihat di papan pengumuman.
    @Anonim: ga ada tes semacam itu :)

    ReplyDelete
  10. makasi infonya...besok saya test user.. mohon doanyaaaa

    ReplyDelete
  11. jawaban mb ap y mb tentang motivasi masuk BNI?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..apa ya?.Seingatku sih jawaban yg simple aja soalnya baru kali itu apply kerja. Hehe..

      Delete
  12. Mba klo matanya minus gmn ? Apa bisa lolos ?

    ReplyDelete
  13. mba, selasa depan aku mau wawancara user, tentang produk2 bni di tanya ga ya mba? terus biasanya pengumumannya brp hari sampe ke medcek? terimakasih mba atas jawabannya,dan mohon doanya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku ditanya tentang visi misi BNI dan beberapa hal yg aku tau tentang BNI. Yg pasti kamu buka2 web BNI aja. Produk2 jg kayanya perlu kamu tau. Good luck yaa.. :)

      Delete
  14. mba kalau sudah selesai sampai tahap psikoassement, ada sistem gugurnya ga mba sebelum interview user?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada sistem gugur sampe final test. Good luck for you :)

      Delete
    2. sudah dua minggu mba saya tunggu kabar tak kunjung datang :D
      Makasi mba :)

      Delete
  15. Mbak kalo ada gigi yg brlubang apa gpp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa. Tapi sebaiknya ditambal dulu. Good luck for you :)

      Delete
  16. Mbak tugas asisten frotliner itu apa aja mbak?? Share dong mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu aku masih jadi teller aja sih, dek Yunika (gpp kan kalo aku panggil "dek"?).
      Tugas teller utk nerima transaksi cash dan non cash (misalnya cek, BG, juga kliring ke bank lain). Kami jg harus menguasai transaksi valuta asing dan transaksi2 perbankan lainnya seperti pembayaran PBB, Telkom, biaya masuk PTN dan lain sebagainya.
      Selain itu frontliner dituntut utk bersikap ramah dan sopan dalam menghadapi semua nasabah. Tiap bank punya standard untuk hal ini.

      Delete
    2. kakak jika mata mins berkacamata apakah lolos? Saat wawancara n tahap2 test mending gak pake kaca mata yaa?

      Delete
  17. Mbak kalo giginya berlubang dan ga rata gimana ? Haruskah dicabut dulu ? Terimakasih mbak

    ReplyDelete
  18. Gajinya brp t ya mba slma masa kontrak yg 2thn itu? Mksi sblmnya mba

    ReplyDelete
  19. Saran sy siy u/ yg minus pake aja kacamatany..toh sy krj d bni jg pke kacamata..u/ gaji yaa lumayanlah bwt peg kntrk jenjang assisten d atas 3 dgn 20x gaji/thn (itu total gaji yg sy dpt thn ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah bantu menjawab, mas/mbak :)

      Delete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Mbak rosana salam kenal ya..
    Aq mau nnya untuk 1thn pertma kn tdk diperbolehkan menikah, klo menikah tp mau menunda ank bs gak? Tmn2 kerja mbak gmn slma mbak kerja di bni? Mksih ya sblmnya

    ReplyDelete
  22. Bantu jwb lg yaa mba :D
    Selama masi dlm ikatan dinas (1thn pertama) qt dilarang keras menikah apapun alasanny..klw tetep nekad trs ketauan pihak manajemen qt bakal d pecat yg berimbas kna penalty jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas/mbak yg mau bantu jawab, soalnya saya juga sudah lama nggak di BNI lagi, jadu nggak tau info terbaru. Terima kasih ya.. :)

      Delete
  23. kak.. untuk interview pertama kalii pake baasa inggris yah?? duh aku bsok ada panggilan interview..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Interview pertama pakai bahasa Indonesia, Szwasty Prawita. InsyaAllah gampang kok :)
      Semoga lancar dan sukses sampai tahap akhir ya.. :)

      Delete
  24. Mba, itu setiap tes'nya ada jeda waktu berapa hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari pihak BNI, Ardi. Yang pasti tiap hasil tes pasti diumumkan siapa saja yang lolos dan kapan waktu untuk tes tahap selanjutnya.

      Delete
  25. Mbk bisa bagi id line,, besok aku ada tes psikotes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh...maaf baru balas. Gimana hasil tesnya, Puspa?

      Delete
  26. Mba, saya mau tanya dong.. biasanya utk interview pertama yg ditanya hanya seputar diri sendiri atau jg ditanya mengenai profil bank? Terima kasih sebelumnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Interview pertama saya dulu diminta isi formulir, yg ditanyakan juga seputar apa yg kita tulis di formulir tersebut (seputar diri sendiri).

      Delete
  27. mba.aku baru aja di SMSin buat tes intv dari BNI ,disuruh bawa foto dan pake baju hitam putih dan dasi,kira kira itu tesya suruh ngapain ya mbak?
    tq b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini initial interview kah, dek? Kalo iya, persiapkan sesuai yg diminta (bawa foto dan pakai kemeja putih plus dasi dan celana hitam). Bawa dokumen2 untuk persiapan.
      Good luck ya.. :)

      Delete
    2. Iya panggilan pertama ka.
      Fotonya ukuran brp x brp ?
      Kayanya ditimbang tinggi dan berat badan yaa ka?
      Berat badan harus proposional jg kah?
      Tq b4

      Delete
    3. Umumnya ukuran foto yang diminta 4x6 atau 3x4. Bawa yang banyak, dek. Untuk persiapan siapa tau butuh lagi nanti.
      Berat dan tinggi badan diukur, seingatku untuk laki2 minimal 165 cm, berat seimbang.

      Delete
  28. Mba kalo berat badan agak ndut atau chubby.kira2 msh bisa lolos gak ya di initial intv?
    Saya dilema dgn BB nih mba.gak terlalu ideal..
    Makasih ya mba.

    ReplyDelete
  29. Mba kalo berat badan agak ndut atau chubby.kira2 msh bisa lolos gak ya di initial intv?
    Saya dilema dgn BB nih mba.gak terlalu ideal..
    Makasih ya mba.

    ReplyDelete
  30. Mba aku udh interview psikolog biasanya hasilnya brp lama ya mba? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil tergantung dari pihak BNI. Sering2 cek aja ke Kantor Wilayah BNI di tempatmu. Good luck :)

      Delete
  31. mba program ADP ini yg saya denger ada buat frontliner dan back office. itu dari awal kita yg milih ato bni yg pilih? soalnya sy prefer ke BO sih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan di tangan pihak BNI, Sandra. Saya dulu juga nggak milih, jadi manajemen BNI yang prefer kita bakal bertugas di bagian apa.

      Delete
  32. Selamat pagi mbak salam kenal, aku udah test tahap awal, habis ini katanya test psikotest atau intervw user?kalau interview user gunain test b. inggris atau indonesia??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Riliandila :)
      Interview user tergantung dari pihak interviewer. Kalau mereka minta kita lita pakai bahasa Inggris, silakan pakai bahasa Inggris. Tapi rata2 sih memang pakai bahasa Indonesia. Jangan lupa pelajari tentang profil BNI, produk2nya serta visi dan misi BNI.
      Good luck.

      Delete
  33. Mbak,lusa saya ada psikotes di bni. 2 hari,itu ngapain aja ya mb selama 2 hari itu?trus yg disuruh presentasi itu ttg tema apa misalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Lora,
      Setahu saya sih hari pertama psikotes itu tes tulis. Kalau kamu lolos tes tulis, pihak BNI bakal kasih info selanjutnya kapan dan di mana tes kedua akan dilaksanakan. Tes hari kedua saya dulu diminta presentasi tentang tema yang ditentukan berdasarkan hasil undian. Jadi kita dibagi menjadi beberapa kelompok. Setelah itu ada sesi tanya jawab yang dilakukan oleh psikolog berdasarkan data2 yang kita isikan sebelumnya.

      Delete
  34. Mbak,lusa saya ada psikotes di bni. 2 hari,itu ngapain aja ya mb selama 2 hari itu?trus yg disuruh presentasi itu ttg tema apa misalnya?

    ReplyDelete
  35. Wkwk.... seru ceritanya mbak. Sama persis apa yg saya alami..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya. Alhamdulillah ada cerita buat teman2 yang memang lagi butuh :)
      Masih kerja di BNI?

      Delete
  36. Mba tanya kalo ada guratan merah dipaha boleh ga yah? Itu bekas minum obat pe nggemuk badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bekas luka di paha sepertinya nggak bakal dipermasalahkan. Waktu medical check up juga nggak diperiksa sampai segitunya kok :)

      Delete
  37. selamat sore mb,sy mw tanya.....sayak kan udah wawancara usher....byasanya pengumumannya kapan ya mb ? terus klo udh dinyatakan lolos berkas apa aja yg disiapkan mbk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, Praka Halim.
      Untuk pengumuman tergantung dari pihak BNI. Biasanya dalam 3-7 hari sudah diumumkan. Setelah interview user sih biasanya tinggal tes kesehatan aja.

      Delete
  38. terima kasih mb rosana,nanya satu lagi mb....kalo lulus berkas apa aja ya yg harus disiapin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya dulu diminta ijazah asli sama keterangan belum menikah dari KUA.

      Delete
  39. Mba maaf mau tanya katanya kerja d bni 3 bulan pertama kerja gaji nya ga full yah cm setengah gt? Makasih banyak mba ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu ikut yang masa training cuma 3 bulan, Dewi Andriani. Selama masa training pastilah gaji yg diterima juga beda :)

      Delete
  40. Kak kalo udah masuk di tahap training udah pasti lolos kan? Terus kalo training yg teller susah gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah udh hampir positif diterima. Training (OJT) teller gampang2 susah. diajari dari basic banget sama senior2 nantinya, seperti belajar menghitung uang ato transaksi2 yang simple

      Delete
  41. mbak saya mau nanya test kelompok (diskusi kelompok) itu ditanyai satu2 atau secara berkelompok? lalu buat cewek kalo initial interview itu buat yang berljilbab harus pake jilbab putih dan blezer ta mbak? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingatku dulu untuk interview pakaian warna bebas, kalo training pakai putih hitam. Untuk diskusi kelompok ada 2 sesi; yang pertama presentasi masing2 orang, yang kedua baru dikasih case per kelompok.

      Delete
  42. deg degan semoga besok ketrima

    ReplyDelete
  43. mbak.. posisi ku sekarang sedang kerja. trus saya kepanggil lolos administrasi untuk interview awal.... tes nya jam 1 siang... pulang kerjaku jam 2, kira-kira telat boleh ga? trims mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya datang 30 menit sebelum jadwal interview, Putri. Karena itu mungkin salah satu penilaian dari manajemen. Good luck untuk interviewnya :)

      Delete
    2. Salam kenal mbak rosana...saya besok ada panggilan initial interview...bagi tipsnya donk...biar lancar...biasanya yg di tanya apa aja mbak..hehhe

      Delete
    3. Salam kenal mbak rosana...saya besok ada panggilan initial interview...bagi tipsnya donk...biar lancar...biasanya yg di tanya apa aja mbak..hehhe

      Delete
    4. Salam kenal juga, Septi :)
      Di interview awal kita dikasih formulir yg harus diisi selengkap-lengkapnya. Nanti waktu kita dipanggil bakal dapat pertanyaan seputar diri kita, latar belakang pendidikan plus pengalaman kerja. Pokoknya nggak jauh2 dari apa yg kita isikan di formulir.
      Btw good luck buat tesnya besok :)

      Delete
  44. Terimakasih mbk atas infonya.. salam kenal y mbk.....

    ReplyDelete
  45. Assalamu'alaikum mba rosana
    Mau nanya dong ..
    Dlu wktu interview ditanya apa kelemahan anda , mba jawab apa?
    Krn pastinya saat kita interview apalagi sbgai fronliner sharusnya menjawab pertnyaan tsb yg dtk berhubungan sbg fronliner ..
    Thanks be4

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam.
      Wah, udah lupa aku jawab apa. Udah 7 tahun yg lalu sih. Hehe..
      kalo nggak salah ingat sih aku bilang aku agak pendiam, trs aku coba jelasin jg solusinya gimana.

      Delete
  47. Oke deh mba ..😄
    Makasii yaa.. 😊
    Bsk ada interview inisial soalnya
    Semoga bs lolos sperti mba rosana dulu😇

    ReplyDelete
  48. Oke deh mba ..😄
    Makasii yaa.. 😊
    Bsk ada interview inisial soalnya
    Semoga bs lolos sperti mba rosana dulu😇

    ReplyDelete
  49. Mbak saya kmren udah wwncra pertama di BNI,saya sih g ngarep ngarep amat ketrima, toh juga sy jg prnh kerja di BRi jd cs & teller. Yg sy tanyain itu, perbandingan kerja CS & Teller di Bni lebih enjoy mana? Plus minusny apa mb? Jujur aku kepo bgt, krn wkt ak kerja di bri, kerjanya g bisa enjoy semua. Bantu please T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear bryansek, maafkan sy baru balas. Gimana hasil tesnya?
      Wah, kalau perbandingan dg CS jujur sy ga tau karena waktu resign posisi sy masih di teller. Soal enjoy enggaknya tergantung lingkungan sih memang..

      Delete
  50. Iya mbak... aku juga ngelewati tahp2 itu.. ini lagi tahap ke empat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Yoekaa, bagaimana hasil tesnya? Semoga lolos yaa.. :)

      Delete
  51. Mbak mau tanya, saya habis tes kesehatan, ada satu yg mengganjal waktu tes mata kayanya minus/burem pas disuruh baca huruf kecil, gitu pengaruh banget gak mbak? Saya gak berkaca mata mbak

    ReplyDelete
  52. Mbak mau tanya, saya habis tes kesehatan, ada satu yg mengganjal waktu tes mata kayanya minus/burem pas disuruh baca huruf kecil, gitu pengaruh banget gak mbak? Saya gak berkaca mata mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Soe Hartono! Sy juga ada sedikit masalah mata, alhamdulillah lolos. Semoga rezeki masuk di BNI yaa.. :)

      Delete
    2. Siehartomo kak ros hehe, iya amiin kak ros semoga rejeki di bni, makasih ya kak ros, sedikit lega dengernya, langsung kepikitan gegara mata itu tadi kak ros, semoga sehat dan sukses selalu kak ros :)

      Delete
  53. kak dlu waktu tes ke 3 d suruh presentasi itu waktunya brp menit dan bisa tolong d kasih contoh tema2 nya seputar apa yg di suruh mempresentasikan...makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Handini,
      Maaf baru balas. Aku dulu kebetulan dapat tema presentaso tentang teller. Teman2 yg lain pun dapat tema yg nggak jauh2 dari perbankan. Waktunya berapa lama ya? Aku lupa, mungkin sekitar 15 menit itu sudah termasuk sesi tanya jawab dg teman segrup kita.

      Delete
  54. Assalamualaikum mbak rosa. Mau tanya dong mbak. Kalau adp bni itu kan masa kontraknya 2 th. Nah setelah 2 th itu ada tes lagi untuk pegawai tetap atau gimana?
    Terus kalau sdh training itu pasti ketrima apa nggak ya?
    Mohon infonya ya mbak. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam, Amalina.
      Maafkan aku baru balas. Setau aku sih sudah nggak pakai tes lagi utk jadi pegawai tetap. Kalau sudah ikut training harusnya 99% pasti diterima, kecuali calon pegawai ybs melakukan hal2 fatal.

      Delete
  55. Assalammualikum Mbak.. saya sudah sampai di Medical Check up.. Saya was was juga karena saya minus 3 .. Saya juga kurus mbak.. namun tinggi saya 174 .. gula darah . tensi normal. saya tidak perokok.. Overalbadan saya insyahAllah sehat.. karena masalah di mata ini dan berat bdan saya sedikit was was.. tanggapannya mbak :) Dodi medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam, Dodi.
      InsyaAllah ga ada masalah jika mata minus atau pun berat badan di bawah standard, selama ga ada masalah yg serius dg kesehatan. Semoga berhasil yaa :)

      Delete
  56. mba, mau nanya nih klo odah lolos semua tahapan test BNI. training 3 bulan nya di mana yah mba?

    ReplyDelete
  57. mba, mau nanya nih klo odah lolos semua tahapan test BNI. training 3 bulan nya di mana yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Heisty!
      Pembagian penempatan kerja diatur oleh pihak manajemen BNI. Kita hanya bisa pasrah deh :)

      Delete
  58. Halo mbaa rosana sy jg satu almamater dgn mba loh (: oh iya klo blh tau mba pernah jd flight attendant kah ? di maskapai mana mba ? thx b4.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. :)
      Setahun setelah resign dari BNI aku diterima di Orient Thai Airlines khusus untuk penerbangan umrah dan haji.

      Delete
  59. Hi mbk jarak pgumuman kelulusan dri tes kesehatan brp lama y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon bantu jawab . ..
      Kalau tesnya di la atau rumahsakit biasa dalam 24 jam da keluar hasilnya.. namun pihak bank biasanya 1 minggu sudah kasih info.. biasa di telp atau sms. thx

      Delete
  60. Selamat malam mba..
    Saya mau tanya biasanya bisa gak mba kita ngelamar pake surat keterangan llus. Soalnya ijazah belum keluar dan yudisium september nanti. Trus berpengaruh gak mba pada badan yg kurus. Soalnya berat saya cuma 40kg mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Maafkan sy baru balas.
      Bisa saja menggunakan surat keterangan lulus. Biasanya pihak manajemen akan mengumumkan kembali untuk menyerahkan ijazah asli setelah ada.
      Untuk berat badan insyaAllah nggak begitu berpengaruh.

      Delete
  61. Salam kenal mba rosana. Mw tanya, ut bonus tahunan adp bni kisaran brapa kali gaji mba? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Salam kenal balik. Mohon maaf sy baru balas.
      Untuk bonus tahunan tergantung dari banyak faktor, diantaranya keuntungan yg didapat BNI, nilai yg diperoleh cabang serta nilai yg diperoleh pegawai, juga tingkat jabatan.

      Delete
  62. Assalamualaikum... Mba ocha, mw nanya sdkit ni.. Alhamdulillah saya buta warna parsial.. Uda prnh tes di rs n bbrp gmbr tes ishihara gagal aq baca.. Apa ini pengaruh besar yg di tes kesehatan? Btw saya ikut odp bni syariah.. Yg lain klu tw inpohnya mohon share ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Maafkan sy baru balas.
      Hm.. sepertinya sedikit banyak akan berpengaruh pada hasil tes kesehatan, dek. Tapi dicoba saja dulu, insyaAllah kalo rezeki nggak akan lari :)

      Delete
  63. Mba mau tanya dong, saya kan udh jadi teller di BCA. Program frontliner 1 thn.. tp saya mau mengundurkan diri. saya mau lamar bni tp back office bisa gak sih mba D3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Cassa Silalahi, setahu saya BNI biasa membuka program ADP dan ODP. Saya dulu melamar untuk program ADP sebagai asisten PUC (teller). Untuk jabatannya, manajemen yg akan menentukan kamu masuk di front atau back office. Untuk pendidikan juga setahu sy BNI mengambil pegawai lulusan minimal D3 untuk program ADP.
      Good luck for you! :)

      Delete
  64. Assalamualaikum mbak, saya bsk ada panggilan interview di bni syariah sebagai frontliner kira" ditanya seputar apa yah mbak. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam, Yulianto. Ini interview awal kah? Kira2 pertanyaannya seputar dirimu (perkenalan). Jangan lupa banyak baca tentang profil BNI, visi dan misinya.
      Good luck ya! :)

      Delete
  65. Kak kalau gigi hancur di rahang itu gimana kak, bermasalah ngk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maulida Irpan! Maafkan sy baru balas.
      InsyaAllah nggak ada masalah untuk gigi geraham yang rusak. Kecuali gigi yang rusak letaknya di bagian depan yang merusak keindahan senyum kamu :)

      Delete
  66. Haii mbak rosana, salam kenal aku nita. Aku berencana daftar magang binanya bni. Untuk tahap seleksinya seperti apa ya mbak ? Karena di web juga minim info soal magang bina bni
    Makasih mbak

    ReplyDelete
  67. Haii mbak rosana, salam kenal aku nita. Aku berencana daftar magang binanya bni. Untuk tahap seleksinya seperti apa ya mbak ? Karena di web juga minim info soal magang bina bni
    Makasih mbak

    ReplyDelete
  68. Haii mbak rosana, salam kenal aku nita. Aku berencana daftar magang binanya bni. Untuk tahap seleksinya seperti apa ya mbak ? Karena di web juga minim info soal magang bina bni
    Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak jauh berbeda dari tes frontliner lainnya.. ada beberapa tes wawancara. Tertulis pskotes dan kesehatan. Dijalani aja mbak.. semangat yaa

      Delete
    2. Terima kasih sudah bantu jawab, mas Dodi Apriadi 😊
      Saya sudah nggak update info-info tentang BNI lagi nih soalnya, mohon maaf, jadi nggak bisa bantu jawab apa-apa..

      Delete
  69. Apriana radhianita sy juga baru daftar magang binanya bni, tp masih ragu soalnya penggajiannya

    ReplyDelete
  70. Salam kenal mbak rosana saya ayu, saya kemarin daftr magang bina bni. Terus dapt pnggilan untuk tes tinggi badan. Kira2 tapanan seleksinya gimana ya? Terimakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ayu, maafkan sy baru balas.
      Maafkan sy sudah nggak update lagi info-info tentang BNI. Program magang bina mungkin program baru dari BNI ya? Karena di jaman saya kerja di sana masih belum ada..

      Delete
    2. Hi, mba ayu dan mba rosana salam kenal. Saya siti mau nanya dong mengenai magang bina bni, saya juga daftar buat program itu dan dapat panggilan untuk datang ke bni tapi tidak dikasih tau mau ngapain, itu biasanya langsung interview atau gimana y?
      Klo ada panggilan dari bank harus berpakaian hitam putih kh?
      Mohon informasinya

      Delete
  71. Hai Bagus Dwi Setyanto! Maafkan saya baru balas.
    Iya, saya nikah dengan laki-laki Turki. Alhamdulillah muslim. Sejak awal kenal dia sudah menunjukkan keseriusan, jadi mumpung begitu saya ajukan banyak pertanyaan penting. Hehe..
    Nggak ada kiat-kiat tertentu sih sebenarnya. Karena saya juga nggak pernah terpikir untuk nikah dg WNA 😅
    Tentang cara menguasai bahasa Inggris, hmm apa ya? Saya punya background pendidikan di Sastra Inggris sih ya, jadi tinggal praktek konunikasi aja dengan orang-orang asing via chat. Rajin-rajin praktek aja sih kuncinya. Semoga membantu 😁

    ReplyDelete
  72. Mba mau tanya soal tes b.inggrisnya susah gak yaa soalnya?

    ReplyDelete
  73. Haii Wulandari, maaf baru balas.
    Menurut sy sih ga susah, cuma butuh ketelitian aja. Soal2 tes bhs Inggrisnya dari TOEIC kok. Coba dipelajari dulu aja gimana soal2 tes TOEIC. Good luck for you :)

    ReplyDelete
  74. Salam mba,
    Saya Taufik, lulusan SMK. agak minder rata-rata pelamar dari D3-S1. Berpengaruh ngga ya..
    Apa pas masa tes mba rosana dulu, banyak lulusan SMA yang lulus? atau cuma sisa diploma sarjana?
    Tgl 31 Mei 2017 nanti, saya ada psikotes di BNI. Minta doanya supaya lancar dan lulus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Taufik! Salam kenal ya..
      Hmm waktu itu aku nggak banyak tanya ke teman2 sih, cuma memang setau aku waktu ikut program asisten thn 2009 banyak yg lulusan D3. Tapi balik lagi, rezeki. Ini buktinya kamu udah lolos sampai ke tahap psikotes. InsyaAllah semoga rezeki di sana :)

      Delete
  75. Maaf mbak mau tanya penilaian interview awal tentang apa aja yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ginanjar! Maaf sy baru balas. Interview awal cuma ditanyakan tentang diri kita aja kok, tentang background pendidikan dan pengalaman kerja kalo ada

      Delete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. ikut sistem outshourching mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Firsta! Nggak, sy dulu ikut sebagai pegawai tetap

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Selamat mlm mbk rosiana, besok aku mau wawancara user. Tapi aku takut mbk, berat badan nggak seimbang sama tinggi badan aku.
      Gimana donk mbk, mohon infonya.

      Delete
    4. Halo Erni! Maafkan sy baru balas.
      Kalo setahu sy selama masih normal menurut perhitungan BMI berarti bb/tb kamu jg normal. InsyaAllah bisa lolos. Semangat! ^_^

      Delete
  78. Assalamualaikum mba oca. Salam kenal yaa. Sekitar 2 Minggu yg lalu saya ngajuin surat lamaran ke Bank BNI cabang cianjur. Nah tadi sore saya di tlp sama Bank BNI cabang cianjur, ditanya tinggi badan sama berat badan, terus apa mau dilanjut? saya jawab iya mau dan kata dia nnti di konfirmasi ke cabang Bandung , nntu dihubungi lagi. Kira2 sesudah itu saya bakal dapat panggilan interview ga? Terus saya punya masalah sama gigi berlubang dan gigi depan saya yg kurang rapi. Kira2 berpengaruh ga di tes kesehatan? Terus apa frontliner boleh pakai behel?

    ReplyDelete
  79. Assalamualaikum kak. Untuk tahap psikotes soal2nya gimana aja ya? Bingung nih sayaa hehe. Terimakasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  80. Salam kenal kak.. Mau tanya kalau bina magang untuk bag. Assisten administrasi itu apa ada kriteria khusus? Seperti fronliner? Thanks kak

    ReplyDelete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. Hai Mbak Rosana, perkenalkan saya Yulia. Saya juga lulusan Sastra Inggris sama kayak mbak Rosana. Yg saya pengen tau, apakah mungkin pihak BNI mau merekrut fresh graduate yg sama sekali tidak punya pengalaman tentang perbankan? Soalnya kegiatan2 sewaktu kuliah saya nggak jauh dari bahasa Inggris, dan hal itu juga mempengaruhi CV saya yg bagian pengalaman. Terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yulia. Maafkan sy baru balas komennya.
      Sy juga dulu fresh graduate kok, dan yg perlu kita tahu, para pegawai bank itu backgroundnya ga semua dari jurusan ekonomi :) banyak juga yg nggak nyambung sama sekali dg perbankan.

      Delete
  83. Hai mba kmren saya wawancara user, tapi sama sekali gaditanya tentang bni. Malah di tanya pengalaman kerja sebelumnya .itu gmna ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Maaf sy baru balas.
      Iya betul, kalo utk wawancara user sih pertanyaannya terserah si pewawancara :) nggak melulu harus tentang BNI.

      Delete
  84. mbak rosa berarti bukan ikut program magang bina bni ya?? tapi odp atau apa itu kah mbak?

    ReplyDelete
  85. Asalamualaikum Mba Rosana, saya kan berkeinginan utk bekerja di Bank, tp saya ada permasalahan dengan Gigi, gigi saya berlubang lebih dari satu gitu mba, disamping itu saya juga pakai behel. Kira kira bisa gak ya mba? Terimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Maafkan sy baru bales. Sy rasa nggak ada masalah, soalnya beberapa teman sy juga pakai behel.

      Delete
  86. Hallo mba saya mau nanya apa pas mcu ditest keperawanan? Dan klo iya ditestnya seperti apa terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Hehe.. ga ada tes seperti itu, tenang saja.

      Delete
  87. Assalammualaikum. Maaf mbak boleh minta nomor handphone atau id Line nya? Saya ingin menanyakan beberapa hal terkait program Bina BNI ini. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Maafkan sy baru bales ya..
      Gimana, udah jadi apply di BNI?

      Delete
  88. Hallo mba, mau nanya nih, saya udh mengikuti tes d bni sampai tahap 3. Terakhir saya psikotes dan interview psikologis. Kira kira berapa lama ya mba rentang waktu saya menunggu ke interview user?

    Lalu mata saya minus 3 lebih. Apa msh bs saya lulus d BNI mba?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  89. Mbak kalau pakai kawat gigi apa bisa ? Trims mbak

    ReplyDelete
  90. Mba apakah kita harus tau tentang posisi yg kita lamar miasal frontliner atau back office, takutnya ditanya tentang posisi yg dilamar pas berhadapan sama atasan interview

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Maafkan sy baru bales. Iya, at least kamu harus tau dasar dari pekerjaan apa pun yg ingin kamu tuju. Good luck.

      Delete
  91. hallo mbaa, rencana aku mau masukin lamaran ke bni tapi gatau buat yg bina bni masih buka atau engga kira kira aku bisa ga ya langsung taruh aja di kantor cabangnyaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. maafkan sy baru buka blog lagi. Ga ada notif masuk jadi nggak tau kalo ada yg komentar.
      Dicoba aja lamarannya di-drop di kantor cabang. Good luck.

      Delete
  92. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  93. Halo mba mau nanya apakah ada pemeriksaan anus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo..
      Ga ada, ga usah kuatir. Hehe.. pemeriksaan utk medical check up biasa kok. Cuma diperiksa tb/bb, gigi, mata (buta warna ato nggak), tensi, darah, EKG. Yah gitu, pemeriksaan normal aja.

      Delete
  94. selamat pagi kak rosana, saya andi fika dr jombang, kebetulan saya kemarin kirim lamaran di BNI cabang jombang kira2 berapa hari si dapat panggilan interview ? biar bisa cepet move on ga arep2 :D terimakasih..

    ReplyDelete
  95. Assalamu'alaikum, kalau boleh tahu, dulu apa yg menjadi motivasi KK Rosana bekerja di perbankan.

    ReplyDelete
  96. Wa'alaykum salam.
    Haha.. sy bingung jawab pertanyaan begini, karena sejak awal sebenarnya sy tidak tertarik kerja di bidang ekonomi. Sy lulusan sastra/bahasa, jd sebenernya pengin kerja di bidang yg berhubungan dg bahasa atau komunikasi. Sy apply di BNI atas saran dari bapak sy yg memang pengin salah satu anaknya ada yg kerja di bank. Kebetulan sy anak pertama 😅
    Mohon maaf kalo kurang berkenan dg jawaban sy.

    ReplyDelete
  97. Assalamualaikum mbak, maaf nih mau tanya, bsok saya ada panggilan untuk penguluran tb dan bb disana untuk cewe min 157 sedabgkan saya kurang dari itu, apa saya msh bisa ikut recruitmen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Silakan datang saja. Kalau tidak dicoba, kita tidak akan tahu. Semoga rezeki ya.. :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  98. Mb ksih tips dan info nya dong,wktu prtma kali nglmar di bank bni gmna mb? apakah lgsg ngsih lamaran ke satpam ? pdahal blm buka lowongan, tpi misal klau kita mau ngasih lamaran sbgai frontliner kira" nnti akan dipanggil ga mb? mksih sblmnya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu kebetulan sy memasukkan lamaran saat ada info loker sebagai teller. tapi kalau pun belum ada pengumuman loker apa pun, silakan kirimkan lamaran bisa via pos atau pun dititipkan ke satpam karena pasti semua surat akan masuk ke bagian umum. Good luck ya! :)

      Delete
  99. Assalamualaikum, salam kenal mbak.
    Mau tanya kalau pakai behel boleh gak sama BNI. terus untuk tinggi badan misalkan daftar bank-bank yang lainnya adakah yang memperbolehkan misal tingginya cuma 154 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Yahh.. maafkan ku baru baca pertanyaannya 🙏
      Boleh pake behel selama bekerja, karena ada beberapa teman yg pake. Utk tinggi badan, setauku mintanya minimal 155 cm utk pegawai perempuan dan 160 cm utk pegawai laki-laki. Tp mungkin masih bisa lah kurang-kurang sedikit, tergantung rezeki :)

      Delete
  100. Assalamualaikum Mba rosana cahaya mau tanya kerja di bank BNI harus bisa bahasa inggris kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykum salam. Bisa bhs Inggris standard aja, ga harus mahir :)

      Delete
  101. Kak tinggi badan aku kan 160 tapi berat badan 75kg , kira2 gimana kak menurut kakak ? Saya lanjut aja atau gak usah ?

    ReplyDelete
  102. Kak kalau kondisi nggk rapi sama pada bagian depan ada celah masih bisa lolos nggk kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kondisi giginya gak rapi? InsyaAllah masih bisa :)

      Delete
  103. Assalamualikum, kak mau nanya ada panggilan interview tapi tinggi badan kurang 5cm dari peryaratan, mending datang atau tidak ya kak ?

    ReplyDelete
  104. Mbak kalo giginya ga rapi ga bisa lolos ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Mungkin tergantung nggak rapinya seperti apa ya, kalau semacam gingsul kemungkinan masih bisa diterima. Semangat yah! 🙂

      Delete